Cara Agar Foto dan Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri

Cara Agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan di Galeri

WhatsApp Messenger atau yang sering kita sebut dengan singkatan WA adalah sejenis aplikasi pesen lintas platform yang memungkinkan kita saling berkirim pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp menggunakan paket data internet yang sama ketika saat kita melakukan email,browsing, dan lain-lain. WA merupakan aplikasi yang dikembangkan  juga oleh perushaan Facebook inc. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instant terpopuler karena fitur-fiturnya memang unggul dan user-friendly. Para pengguna WhatsApp beranggapan bahwa memang aplikasi WA ringan dan dapat berjalan pada jaringan internet yang bisa dikatakan buruk. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Android, BlackBerry OS, BlackBerry 10, iOS, Symbian, Windows Phone dan WhatsApp Web.

Sebagai pengguna layanan WhatsApp Messenger dirisaukan dengan penyimpanan video atau foto secara otomatis ke dalam galeri memori kita, sehingga memori yang tersedia cepat penuh dengan file yang tidak begitu penting. Tidak hanya disk memori yang terkorbankan, kuota data kita pun hilang tanpa kita sadar dengan mendownload file yang dapat kita sebut kurang penting. Secara pengaturan bawaan (default setting) memang secara otomatis foto atau video tersimpan pada galeri memori smartphone kita, namun jangan khawatir kita dapat menggubah pengaturan default tersebut. Lalu bagaimana agar foto dan video WA tidak tersimpan secara otomatis pada Android maupun iOS?

Trik Agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis Pada Galeri

Sebenernya cukup mudah untuk melakukan cara supaya foto/video tidak otomatis masuk ke galeri hanya saja masih ada beberapa yang masih bingung untuk melakukanya, yang masih binggung yuk simak langkah-langkah berikut ini dengan seksama yahh.

Cara Pertama
mengatur agar wa tidak mendownload foto/video otomatis ke galeri
Silahkan buka aplikasi WhatsApp di smartphone anda, kemudian masuk pada "Pengaturan" selanjutnya anda pilih pada sub menu "Pengaturan Data". Pada bagian "Saat Menggunakan Data Seluler" terdapat empat pilihan yaitu Foto, Audio, Video, dan Dokumen. Hilangkan tanda ceklis (contreng) untuk menonaktifkan download otomatis media. Sama halnya pada "Saat Tersambung ke Wi-FI" terdapat empat pilihan silahkan lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya.

Karena auto download media sudah dimatikan anda mendownload foto,video,audio, dan dokumen secara manual dengan menekan tombol download pada file yang akan anda hendak download.

Cara Kedua
Untuk cara kedua mematikan download otomatis media whatsapp foto,video,audio, dan dokumen menggunakan File Manager atau jika smartphone anda tidak terdapat file manager yang sama dapan menggunakan aplikasi yang dapat didownload di Play Store atau iOS Store yaitu ES File Explorer atau File Explorer sejenisnya.
menggunakan file manager untuk mematikan download otomatis whatsapp
Langkahnya adalah masuk pada File Manager atau Aplikasi File Explorer pilih folder WhatsApp pilih folder Media pilih folder WhatsApp Image lalu ganti nama folder WhatsApp Image menjadi .nomedia. (Untuk lebih memperjelas silakan lihat gambar)
Untuk mendownload foto,video,audio, dan dokumen anda tinggal menekan tombol download yang terdapat pada file tersebut.

Mudah kan sobat cara mematikan fitur auto download pada media whatsapp, semua cara tersebut bisa dilakakukan ke handphone merek apapun, mau merk Xiaomi, Asus, iPhone, Vivo, Samsung, Oppo, Lenovo pokoknya berbagai merek asal hp tersebut mempunyai aplikasi whatsapp.

Sekian ulasan dari saya mengenai tutorial cara mematikan download otomatis pada whatsapp, semogah cara ini bermanfaat dan tidak disalah gunakan. Mohon bantuan untuk mendukung blog ini silahkan berlangganan artikel kami secara gratis dan menyebar luaskan artikel kami dengan sosial media yang anda miliki, terima kasih.

Refrensi 1|2

0 Response to "Cara Agar Foto dan Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel